Chrome Pointer

Senin, 03 Januari 2011

ILMU SOSIAL DASAR

1.PENGERTIAN ILMU SOSIAL DASAR
Pengertian ISD adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah social,khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta,konsep,teori) yan berasal dari berbagai bidang penetahuan keahlian dalam lapanganan ilmu-ilmu social seperti :searah,ekonomi,geografi social,sosiologi,antropologi,psykologi social.
                Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau Program Pengerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran yang di Indonesia diberikan di Perguruan Tinggi.Tegasnya mata kulah Ilmu Sosial Dasar diberikan dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar mengkaji geala-gejala social agar daya tanggap,presepsi dan penalaran mahasisawa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan,sehingga lebih peka terhadapanya.
2.TUJUAN ILMU SOSIAL DASAR
                Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum,Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar:
a.Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan social dan masalah-masalah social yang ada dalam masyarakat.
b.Peka terhadap masalah-masalah social dan tanggap untuk ikut serta dala usaha-usaha menanggulanginya.
c.Menyadari bahwa setiap masalah social yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya secara kritis-interdisipliner.
d.Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah social yang timbul dal mmasyarakat.
3.ILMU SOSIAL DASAR (ISD) DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
                ISD dan IPS mempunyai persamaan yaitu:
1.       Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran
2.       Kedua-duanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
3.       Kedua-duanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan social dan masalah social.
Adapun perbedaan antara keduanya adalah :
1.       ISD  diberikan di Perguruan Tinggi,sedang IPS diberikan di Seklah Dasar atau Sekolah Lanutan
2.       ISD merupakan satu mata kuliah tunggal,sedang IPS merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan)
3.       ISD diarahkan kepada pembentukan sikap kepribadian,sedang IPS diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
4.RUANG LUNGKUP ILMU SOSIAL DASAR
                Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah social.Sehingga dengan demikian bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas tiga golongan yaitu:
1.       Kenyataan-kenyataan social yang ada dalam masyarakat,yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu.
Kenyataan –kenyataan social tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu social,karena adanya perbedaan latar belakang disipln ilmu atau sudut pandangnya.Dalam Ilmu Sosial Dasarkita menggunakan pendekatan interdisiplin/multidisiplin.
2.       Konsep-konsep social atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari maslah-masalah social yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
Sebagai contoh dari konsep dasar semacam itu misalnya konsep “keanekaragaman”dan konsep”Kesatuan social”.Bertolak dari kedua konsep tersebut diatas,maka dapat dipahami dan sadari bahwa didalam masyarakat selalu terdapat:
a)      Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku baik secara individual atau kelompok/golongan
b)      Persamaan dan perbedaan kepentingan
3.       Masalah-maslah social yang timbul dalam masyarakat,biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan social yang antara satu deng lainnya saling berkaitan.
Berdasarkan bahan kajian seperti yabf disebut diatas,dapat dijabarkan lebih lanjut kedalam pokok bahasan dan sub pkok bahasan,untuk dapat di operasionalkan.
Konsorsium Antar Bidang telah mentapkan bahwa perkuliahan Ilmu Sosial Dasar teridiri dari 8 pokok bahasa.Dari kedelapan Pokok Bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelaari dan memahami adanya:
1.       Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2.       Masalah individu,keluarga dan masyarakat.
3.       Masalah pemyda dan sosialisasi.
4.       Masalah hubungan antar a warga Negara dan Negara
5.       Maslaha pelapisan social dan kesamaan derajat.
6.       Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7.       Masalah pertentangan-pertentangan social dan integrasi.
8.       Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
Untuk membantu memahami terhadap masalah-masalah tersebut diatas maka dalam buku ini dihimpun kumpulan karangan yang disusun dan berkaitan dengan masing-masing pokok bahasan yang telah ditentukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar