Chrome Pointer

Selasa, 30 November 2010

KEBANJIRAN . .


Rumah saya di bukit cengkeh 2,walaupun perumahan tapi bukit cengkeh sering sekali kebanjiran.Kata ibu saya waktu dulu buceng gak pernah banjir,karena dulu msh banyak rawa dan empang sehingga msh banyak tempat menampung air hujan.Dan waktu dulu kali yang ada di perumahan saya lumayan dalem sehingga tidak cepat banjir kalau hujan deras.
            Kalau sekarang air kalinya dangkal sekali hanya semata kaki, padahal dulu pernah diuruk kalinya supaya agak dalem.Awalnya sih ngak banjir abis diuruk tapi beberapa minggu kemudian banjir lagi karena air kalinya sudah banyak lagi sampahnya.Kebanyakan sih yang buang sampah dikali orang-orang dari kampung yang tinggalnya bersebelahan dengan perumahan kami.Mereka suka semaunya aja berlaku di bukit cengkeh.Apa lagi anak kecil2nya kalo udah banjir pasti langsung maen.Padahal dulu pernah ada yang hanyut dikali tapi nga ada takut-takutnya kalo maen banjir.Dulu juga saya suka sih maen banjir waktu kecil,tapi semenjak rumh gw sering kebanjiran saya jadi sadar gimana rasanya orang kebanjiran itu tidak enak dan sangat merepotkan.
            Banjir terjadi diperumahan saya pertama kali tahun 97an.Itu pertama kalinya banjir tinggi di bukit cengkeh 2.Semenjak itu di komplek kita jadi sering banjir dan juga terkena siklus banjir 5 tahun sekali.Waktu SD karena banjir tinggi saya sampai gak masuk skolah dan saat masuk skolah saya dapat sumbangan dari skolah,ada uangnya,sembako,yah lumayan dah . .
            Banjir yang paling parah adalah yang terjadi tahun 2007 saat itu saya masih kelas 1 SMA.Banjir pada tahun itu sangat tinggi,didalam rumah saya aja sampe sedada dan mau ga mau saya dan keluarga harus mengungsi kerumah tetangga.Banjir itu sangat tinggi sampai-sampai pada pagi hari aja belum surut,dijalanan masih sebetis,banjirnya mulai surut sore hari.
            Barang-barang perabotan dirumah saya smuanya habis,kasur, tv2 saya kerendam.Saat surut aja rumah saya  sudah seperti kapal pecah,meja pada jatuh dan kebalik.Baju-baju pada kotor ada yang kena lumpur dll..........
Karena banjir tinggi itu gw gak skolah sampe 2 hari.Buku-buku pelajaran saya hancur smua.Saat saya masuk skola saya gak bw buku,karena buku gw rusak kerendem banjir dan bau.Udah gitu saat pelajaran biologi saya di suruh keluar lagi . ….gara-gara gak bawa buku padahal buku biologi sayakan ancur.Saat pelajaran geografi dan matematika guru saya aja ngejek saya gara-gara buku saya hancur.Dibilang rumah di tengah lautlah,dll.
            Sekarang makin parah sekali kalau banjir,paling tidak kalau hujan deras sampai 2 jam saja kali sudah penuh,apalagi semenjak di bangunnya perumahan Nuansa Permai di sebelah perumahan tempat saya tinggal.Makin menghilangkan daerah resapan hujan aja tuh.Perumahan nuansa permai pernah di tuntut oleh orang-orang didaerah komplek saya.Karena kalo nuansa permai membuang air kalinya selalu di buang kekali komplek kita,sehingga makin banyak air dikomplek kita.Perumahan itu pernah di bawa kepengadilan.
            Tapi karena yang punya orang kaya jadi menang dan selain itu juga katanya walikota depok yang Nurmahmudi tinggal disitu sehingga perumahan itu selalu selamat.Bahkan orang komplek saya yang nuntut itu perumahan malah di tuntut balik. Setelah itu saya sudah tidak pernah lagi dengar kabar soal pertikaian komplek saya sama Nuansa Permai. Mungkin orang komplek saya sudah males mungkin karena nuansa permai sudah pasti menang gara-gara yang punya komplek itu orang kaya dan ada walikota depok tinggal di perumahan itu.
            Sebenarnya komplek nuansa permai lebih parah banjirnya dibandingkan komplek kami.Banjir di komplek itu berkurang karena mereka ikut membuang air kalinya ke perumahan kami.Waktu saluran air yang mengarah kekali komplek saya tinggal ditutup nuansa permai sampai kebanjiran.
            Saya binggung kok perumahan nuansa permai bisa laku…? Padahal rumahnya ga terlalu luas dan perumahannya juga ga luas,masih mendingan luas perumahan tempat tinggal saya tapi kok ada aja yang mau tinggal di tempat itu.
Sayang sekali komplek kita kalah saat di pengadilan.Mereka menang karena berkuasa dan punya uang.

            Yah itulah enaknya kalau punya uang banyak dan punya kekuasaan.Hidup terasa lebih mudah dan menyenangkan tanpa harus memikirkan orang lain.Tinggal bayar sini bayar situ urusan cepat tanpa masalah dan beres.Jadi pengen rasanya punya uang sama kekuasaan.Tapi kalo gw punya itu semua bisa jadi orang sombong gw. . . .mending jadi orang biasa aja dah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar