Chrome Pointer

Rabu, 23 Maret 2011

KEINDAHAN GEREJA KATEDRAL


Di Indonesia ada banyak nama gereja Katedral.Namun hanya satu yang paling terkenal yaitu gereja katedral yang ada di Jakarta.Gereja Katedral yang di Jakarta terletak tidak jauh dari mesjid Istiqlal.Selain karena kemegahan Gereja tersebut,,gereja katedral juga terkenal karena keindahannya.
Gedung gereja katedral ini diresmikan pada tahun  1901 dan dibangun dengan arsitektur neo-gotik dari Eropa, yakni arsitektur yang sangat lazim digunakan untuk membangun gedung gereja beberapa abad yang lalu.
Gereja yang sekarang ini dirancang dan dimulai oleh Pastor Antonius Dijkmans dan peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Provicaris Carolus Wenneker. Pekerjaan ini kemudian dilanjutkan oleh Cuypers-Hulswit ketika Dijkmans tidak bisa melanjutkannya, dan kemudian diresmikan dan diberkati pada 21 April 1901 oleh Mgr. Edmundus Sybradus Luypen, SJ, Vikaris Apostolik Jakarta.
  • Arsitektur gereja dibuat dengan gaya neo gothik. Denah bangunan berbentuk salib dengan panjang 60 meter dan lebar 20 meter. Pada kedua belah terdapat balkon selebar 5 meter dengan ketinggian 7 meter. Konstruksi bangunan ini dikerjakan oleh tukang batu dari Kwongfu, China. konstruksi bangunan ini terdiri dari batu bata tebal yang diberi plester dan berpola seperti susunan batu alam. Dinding batu bata ini menunjang kuda-kuda kayu jati yang terbentang selebar bangunan.
  • Ada 3 menara di Gereja Katedral, yaitu: Menara Benteng Daud, Menara Gading dan Menara Angelus Dei. Menara ini dibuat dari besi. Bagian bawah didatangkan dari Nederland dan bagian atas dibuat di bengkel Willhelmina, Batavia.
  • Di menara gading terdapat jam yang pada mesinnya tertulis van Arcken & Cie.
  • Lonceng: Pada menara Benteng Daud terdapat lonceng yang dihadiahkan oleh Clemens George Marie van Arcken. Pada menara Gading terdapat lonceng yang lebih kecil dan disumbankan oleh Tuan Chasse. Lonceng yang terbesar bernama Wilhelmus yang merupakan hadiah dari Tuan J.H. de Wit.
  • Patung Kristus Raja: berada di halaman depan gereja.
  • Goa Maria: Bentuk fisiknya mirip dengan Goa Maria di Lourdes Perancis. Goa ini terdapat di halaman samping gereja.
  • Pintu Masuk Utama: terdapat patung Maria dan ada tulisan Beatam Me Dicentes Omnes' yang berarti "Semua keturunan menyebut aku bahagia".
  • Rozeta: merupakan jendela bercorak Rosa Mystica sebagai lambang dari Bunda Maria. Benda ini terletak di atas gerbang utama.
Karena saya belum pernah masuk ke gereja Katedral,sehingga saya tidak terlalu tahu yang ada didalam gereja Katedral.Saya hanya pernah lewat depannya saja.Saat saya lihat gereja itu sangat besar dan arsitekturnya keren seperti di eropa timur(itu kalau menurut saya).Dan  katanya gereja ini juga dibuka secara umum sebagai museum.Katanya didalam museumnya terdapat foto/lukisan kota Jakarta tempo dulu
Kalau saya lihat dalamnya gereja Katedral dr Google,terlihat dalamnya sangat luas.Mungkin mampu menampung jemaat sampai ribuan.
Tapi saya binggung kok tempat yang arsitekturnya sangat indah itu suka diancem bom ya????Apalagi kalau natal.Padahal biarkan saja mereka mereka berdoa disana.Lagian juga kalau dihancurkan sayang.Gereja Katedral termasuk peninggalan sejarah sehingga kita sebagai generasi muda yang menghargai peninggalan sejarah,,kita harus merawatnya dgn cara misalkan kita masuk ke museumnya,kita tidak mencoret2 atau merusak barang2 antik yang disana.
Demikianlah tulisan saya ini semoga menambah wawasan dan mohon maaf kalau ada salah kata/berita didalamnya.Karena maklum saja saya belum pernah ke dalam Gerejanya.
Sekian dan terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar