Chrome Pointer

Minggu, 25 Maret 2012

Peranan Staff dalam Organisasi

         
                  Dalam organisasi bentuk lini dan staff ada dua kelompok tenaga kerja. Kelompok pertama adalah mereka yang tugas utamanya bersifat menterjemahkan tugas pokok menjadi aktivitas, sedang di pihak lain terdapat mereka yang tugasnya melakukan kegiatan-kegiatan penunjang demi lancarnya roda organisasi dan mekanisme kerjasama yang harmonis, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Kedua kelompok ini mempunyai peranan penting dalam merealisasi tujuan organisasi secara efektif dan efisien.
Tugas staff pada organisasi
Tugas-tugas yang dapat diberikan kapada karyawan staff antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Mengumpulkan data
  2. Menginterpresentasikan data
  3. Mengusulkan alternative tindakana
  4. Mendiskusikan rencana – rencana yang sedang dipikrkan dengan berbagai hak dan memperoleh kesepakatan mereka atau memperoleh alasan mengapa recana tersebut ditolak
  5. Mempersiapkan instruksi – instruksi tertulis dan dokumen – dokumen lainnya yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan – kegiatan yang merupakan realisasi dari rencana yang telah ditetapkan
  6. Mengamati kegitan – kegiatan operasional dan kondisi – kondisi yang dihadapi untuk mengadakan apakah instruksi – instruksi telah dijalankan dengan baik dan apakaj instruksi tersebut menghambat atau memperlancar proses penapaian tujuan
  7. Mengusahakan pertukaran informasi antara para petugas – petugas operasional mengenai pelaksanaan untuk meingkatkan kegiatan koordinasi
  8. Memberikan informasi dan nasihat kepada petugas – petugas operasional mengenai pelaksanan tugas yang telah didelegasikan kepada mereka.

Kualifikasi staff
Menurut baishline mengajukan 6 pokok yang harus dipengaruhi oleh staf yaitu :
  1. Pengetahuan yang luas mengenai tempat dimana dia bekerja
  2. Punya sifat kesetiaan tenaga yang besar, kesehatan yang baik, inisiatif, pertimbangan yang baik dan kepandaian yang ramah
  3. Punya semangat kerja sama
  4. Kestabilan emosi dan tingkah laku yang sopan
  5. Kesederhanaan
  6. Kemauan baik dan optimis
 Kesimpulan
Setiap Organisasi harus memiliki staff yang solid,karena jika staffnya solid,maka organisasi tersebut pasti akan solid juga dan struktur organisasinya pun harus tepat!!



SUMBER: 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar