Chrome Pointer

Selasa, 10 Mei 2011

Bu Muslimah dalam Cerita Laskar Pelangi

Kita pasti tau film Laskar Pelangi.Film yang sangat fenomenal karena diitonton sampai lebih dari 3jt penonton.Semua orang menyukai film Laskar Pelangi karena ceritanya sangat mendidik sekali,saat banyak film2 horror beredar di Indonesia.Film Laskar Pelangi adalah kisah nyata yang diambil dari sebuah novel yang judulnya juga “Laskar Pelangi”.Sang penulis novel Andrea Hirata sebenarnya menuliskan novel tersebut untuk guru dia.Dia merasa kalau dia itu bisa sukses menjadi seorang penulis berkat ilmu yang diberikan kepada gurunya.Karena selain mengajar pelajaran gurunya juga menanamkan nilai-nilai kebaikan untuk muridnya.
Dalam film Laskar Pelangi,ada tokoh yang namanya Muslimah.Bu Muslimah adalah seorang guru SD Muhammadiyah Gantong.SD Muhammadiyah Gantong adalah SD yang sangat memperihatinkan.Keadaan kelasnya sangat rusak,atapnya banyak yang jebol.Walaupun keadaan kelasnya sangat memperihatinkan,bu Muslimah tetap ingin mengajar.Bahkan dia mengajar hanya dengan 10 murid dikelas.Walaupun tidak digaji,tapi bu Muslimah tetap memberiakan ilmunya kepada muridnya.
Sosok Bu Muslimah merupakan sosok guru sejati.Dia benar2 mengajarkan ilmu kepada muridnya walaupun tidak digaji. Bu Muslimah pernah berkata bahwa “guru yang mampu menyampaikan pelajaran kehidupan pada siswanya adalah guru yang berhasil dalam pengajaran”. Dan guru yang mengajarkan kehidupan tidak harus pintar. kata dia, seorang guru juga harus bijaksana. Murid dengan karakter, pendiam, usil, pintar, lambat mengerti adalah
tantangan bagi seorang guru. Guru yang bijak bisa memahami keinginan murid-muridnya.
Bahkan pemerintah terkesan dan menggajarnya dengan penghargaan Satya Lencana Pembangunan dan Satya Lencana Pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar